BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Sekolah merupakan lembaga pendidikan formal, tempat berlangsungnya kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu kurikulum di sekolah harus menjamin tercapainya tujuan pendidikan nasaional. Standar Pendidikan Nasional meliputi standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan. Dua dari kedelapan standar isi pendidikan tersebut yaitu Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam pengembangan kurikulum.
Undang-undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 (UU 20/2003) tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 (PP 19/2005) tentang Standar Nasional Pendidikan mengamanatkan kurikulum pada KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) jenjang pendidikan dasar dan menengah disusun oleh satuan pendidikan dengan mengacu pada SI dan SKL.
Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Cikulur (SMPN 1 Cikulur) sebagai sekolah negeri di Kecamatan Cikulur Kabupaten Lebak mencoba menyusun dan mengembangkan KTSP dalam rangka merespon perkembangan dinamika dunia pendidikan. Hal ini sejalan dengan surat edaran dari Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lebak.
Untuk menghasilkan KTSP yang berdaya guna, maka peserta didik perlu diberi kesempatan untuk mengembangkan diri secara optimal agar dapat:
a. Belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
b. Belajar untuk memahami dan menghayati
c. Belajar untuk mamapu melaksanakan dan berbuat secara efektif
d. Belajar untuk hidup bersama dan berguna untuk orang lain dan
e. Belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif, kreatrif, dan menyenangkan.
B. Landasan Hukum
1. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 (UU 20’2003) tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 (PP 19/2005) tentang Standar Nasional Pendidikan.
3. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
4. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
5. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006. Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
C. Tujuan Sekolah
1. Menghasilkan program perencanaan pengajaran yang lengkap dengan mengacu pada kurikulum yang berlaku
2. Pencapaian Standar Isi, pendekatan CTL, Materi Learning bagi peserta didik
3. Menghasilkan siswa yang cerdas dan unggul dalam prestasi
4. Terciptanya warga sekolah yang rukun, kompak dan solidaritas yang tinggi berlandaskan nilai-nilai keagamaan
BAB II
PROGRAM KERJA KURIKULUM
PROGRAM KERJA KURIKULUM
A. Tujuan Penyusunan Program Kerja
Tujuan yang ingin dicapai dengan program kurikulum ini adalah:
1. Sebagai acuan bagi tenaga kependidikan di SMP Negeri 1 Cikulur dalam penyenggaraan pendidikan pada umumnya dan proses belajar mengajar pada khususnya.
2. Sebagai pedoman bagi para guru agar dapat melaksanakan tugas secara optimal,sehingga tujuan pendidikan dapat dicapai secara efektif dan efisien.
B. Target dan Sasaran Kurikulum
1. Target
Yang menjadi target program kurikulum yaitu:
1. Tersusunnya administrasi pengajaran yang baik
2. Terselenggaranya proses belajar mengajar yang efektif dan efisien
3. meningkatnya kedisiplinan guru, siswa, dan personil sekolah lainnya
4. meningkatnya mutu pendidikan
2. Sasaran
Sasaran program kurikulum yaitu:
1. Guru
1.1. Semua guru dapat mempersiapkan perangkat administrasi pengajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku, seperti:
- Program Tahunan
- Program Semester
- Silabus
- RPP
- Program Remedial
- Program Pengayaan
- Program Penilaian
- Perhitungan Nilai KKM
1.2. Semua guru dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM) dengan baik sesuai dengan kurikulum yang berlaku
1.3. Semua guru dapat melaksanakan evaluasi, analisis, dan daya serap siswa
1.4. Semua guru melakukan perbaikan/remedial terhadap siswa yang belum tuntas belajar, dan pengayaan terhadap siswa yang sudah tuntas.
2. Siswa
2.1. Tercapainya target kurikulum secara maksimal ditandai dengan berhasil naiknya siswa kelas VII ke kelas VIII, kelas VIII ke kelas IX dan lulusnya siswa kelas IX
2.2. Tercapainya mutu pendidikan yaitu ditandai dengan banyaknya siswa yang melanjutkan sekolah ke SLTA
2.3. Membekali keterampilan siswa yang tidak dapat melanjutkan ke SLTA
3. Wali Kelas
3.1. Dapat melaksanakan bimbingan terhadap kelas yang dipimpinnya
3.2. Dapat melaksanakan managemen kelas yang baik dan melakukan pengisian buku leger kelas yang menjadi tanggung jawabnya
3.3. Dapat melakukan pengisian buku laporan pendidikan yang baik dan benar sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan
4. Guru BK
4.1. Dapat menyusun Program BK
4.2. Dapat melaksanakan bimbingan dan konseling terhadap kelas yang menjadi tanggung jawabnya, terutama terhadap siswa yang bermasalah
4.3. Dapat mengidentifikasi minat, bakat, angket,dan pengadministrasiannya untuk kepentingan klasifikasi dalam program pengembangan diri
5. Tata Usaha
Semua pegawai tata usaha dapat memberikan pelayanan semaksimal mungkin kepada guru maupun siswa untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan belajar mengajar
C. Langkah dan Strategi
1. Langkah-langkah yang diperlukan
Untuk mencapai tujuan seperti yang tercantum di atas, maka langkah-langkah untuk
mencapainya disusun sbb:
1. Menyusun Pembagian Tugas Mengajar
2 Menyusun Jadwal Pelajaran
3. Menentukan Wali Kelas
4. Menyusun daftar Pembina Ekstra Kurikuler
5. Merumuskan KKM bersama-sama dengan guru
6. Membuat program Suvervisi kunjungan kelas
7. Membuat program Pelaksanaan UTS semester ganjil
8. Membuat program UAS semester ganjil
9. Menyusun rencana Pemantapan untuk kelas IX
10. Menyusun perencanaan UTS semester genap
11. Menyusun perencanaan UKK
12. Menyusun perencanaan Ujian Praktek
13. Menyusun perencanaan Ujian Sekolah
14. Menyusun perencanaan Ujian Nasional
2. Struktur dan Muatan Kurikulum
1. Struktur Kurikulum
Komponen
|
Kelas dan Alokasi Waktu
| ||
VII
|
VIII
|
IX
| |
A. Mata Pelajaran
1. Pendidikan Agama Islam
|
2
|
2
|
2
|
2. Pendidikan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
3. Bahasa Indonesia
|
4
|
4
|
4
|
4. Bahasa Inggris
|
4
|
4
|
4
|
5. Matematika
|
4
|
4
|
4
|
6. Ilmu Pengetahuan Alam
|
4
|
4
|
4
|
7. Ilmu Pengetahuan Sosial
|
4
|
4
|
4
|
8. Seni Budaya
|
2
|
2
|
2
|
9. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
|
2
|
2
|
2
|
10. Teknologi Informasi dan Komunikasi
|
2
|
2
|
2
|
11. Muatan Lokal:
a. Bahasa Sunda
b. Baca Tulis Al Qur’an
|
2
2
|
2
2
|
2
2
|
B. Pengembangan Diri
|
2*)
|
2*)
|
2*)
|
Jumlah
|
34
|
34
|
34
|
2*) Ekuivalen 2 jam pembelajaran
2. Muatan Kurikulum
1. Mata Pelajaran Wajib
1. Pendidikan Agama
2. Pendidikan Kewarganegaraan
3. Bahsa Indonesia
4. Bahasa Inggris
5. Ilmu Pengetahuan Alam
6. Ilmu Pengetahuan Sosial
7. Matematika
8. Seni Budaya
9. Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan
10. Teknologi Informasi dan Komunikasi
2. Muatan Lokal:
1. Bahasa Sunda
2. Baca Tulis Al-Qur’an (BTA)
3. Pengembangan Diri
4. Pengaturan Beban Belajar
1. Beban belajar yang digunakan adalah sitem paket
2. Jumlah jam secara menyeluruh sebanyak 34 jam pelajaran dengan pembagian jam tertera dalam struktur kurikulum
3. Alokasi penugasan struktur kurikulum 50% dari waktu kegiatan tatap muka
4. Satu jam pelajaran berjumlah 40 menit
5. Ketuntasan Belajar / Nilai KKM
Komponen
|
K K M
| |||
VII
|
VIII
|
IX
| ||
A. Mata Pelajaran
1. Pendidikan Agama
|
70
|
72
|
75
| |
2. Pendidikan Kewarganegaraan
|
69
|
70
|
75
| |
3. Bahasa Indonesia
|
64
|
66
|
68
| |
4. Bahasa Inggris
|
62
|
63
|
68
| |
5. Matematika
|
62
|
63
|
65
| |
6. Ilmu Pengetahuan Alam
|
63
|
64
|
64
| |
7. Ilmu Pengetahuan Sosial
|
63
|
64
|
65
| |
8. Seni Budaya
|
68
|
71
|
75
| |
9. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
|
70
|
70
|
75
| |
10. Teknologi Informasi dan Komunikasi
|
63
|
63
|
63
| |
11. Muatan Lokal:
a. Bahasa Sunda
b. Baca Tulis Al Qur’an
|
65
65
|
71
72
|
75
75
| |
B. Pengembangan Diri
|
Minimal baik
| |||
6. Kenaikan Kelas dan Kelulusan
1. Kenaikan Kelas
Peserta didik dinyatakan naik kelas, jika memenuhi syarat sbb:
1. Menyelesaikan seluruh program pembelajaran pada dua semester di kelas yang diikuti.
2. Tidak terdapat nilai di bawah KKM untuk semua mata pelajaran pada semester yang diikuti.
3. Memiliki nilai minimal BAIK untuk AKHLAK dan KEPRIBADIAN pada semester yang diikuti.
4. Persentase kehadiran siswa minimal 80 persen.
2. Kelulusan:
Sesuai dengan ketentuan PP No. 19/2005 Pasal 72 ayat 1. Peserta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan Dasar dan Menengah dan pertimbangan sekolah:
1. menyelesaikan seluruh program pembelajaran
2. memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia, kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian, kelompok mata pelajaran estetika, dan kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga, dan kesehatan
3. lulus ujian sekolah/madrasah untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi
4. lulus ujian nasional.
3. Jadwal Kegiatan Kurikulum SMP Negeri 1 Cikulur Tahun Pelajaran 2012/2013
NO
|
TANGGAL/BULAN/TAHUN
|
JENIS KEGIATAN
| ||
SEMESTER GANJIL
| ||||
1
|
16-19 Juli 2012
|
Penyusunan Program Kerja Kurikulum
| ||
2
|
16-19 Juli 2012
|
Penjabaran Kalender Pendidikan
| ||
3
|
19-21 Juli 2012
|
Penyusunan Jadwal Pelajaran
| ||
4
|
23 Juli-15 September 2012
|
Pembuatan Program Perangkat Mengajar
| ||
5
|
25 Juni - 14 Juli 2012
|
PPDB
| ||
6
|
16-18 Juli 2012
|
Masa Orientasi Siswa Baru Kelas VII
| ||
7
|
19 Juli 2012
|
Rapat Awal Th. Pelajaran /Pembagian Tugas
| ||
8
|
23 Juli-11 Agustus 2012
|
Pelaksanaan KBM
| ||
9
|
20-21 Juli 2012
|
Libur Awal Puasa
| ||
10
|
23 Juli-11 Agustus 2012
|
Kegiatan Ramadhan
| ||
11
|
13-25Agustus 2012
|
Libur Idul Fitri
| ||
12
|
27 Agustus-8 Desember 2012
|
Lanjutan KBM
| ||
13
|
24 September-1 Oktober 2012
|
Pendataan Calon Peserta UAN
| ||
14
|
2-22 Oktober 2012
|
Penyusunan dan Penyerahan US.1 dan US.2
| ||
15
|
8-13 Oktober 2012
|
Ulangan Tengah Semester
| ||
16
|
29 Oktober 2012
|
Penyusunan Panra UAS Ganjil
| ||
17
|
5-17 November 2012
|
Supervisi administrasi dan Kinerja Guru
| ||
18
|
10-15 Desember 2012
|
UAS Semester Ganjil
| ||
19
|
17-19 Desember 2012
|
Remedial Hasil UAS
| ||
20
|
17-21 Desember 2012
|
PORSENI
| ||
21
|
22 Desember 2012
|
Pembagian Buku Raport Semester Ganjil
| ||
22
|
24 Desember 2011-5 Januari 2013
|
Libur Antar Semester
| ||
NO
|
TANGGAL/BULAN/TAHUN
|
JENIS KEGIATAN
| ||
SEMESTER GENAP
| ||||
1
|
7-12 Januari 2013
|
Penyusunan Jadwal Pengayaan untuk Kelas IX
| ||
2
|
14 Januari 2013
|
Penyusunan Panra TO
| ||
3
|
21 Januari-23 Februari 2013
|
Pemantapan Menjelang UN SMP
| ||
4
|
14 Januari 2013
|
Penyusunan Panra UN & UAS Semester Genap
| ||
5
|
17-19 Januari 2013
|
Pelasanaan Try Out 1
| ||
6
|
25-28 Februari 2013
|
Pelasanaan Try Out 2
| ||
7
|
4-9 Maret 2013
|
Pelaksanaan UTS Semester Genap
| ||
8
|
11-16 Maret 2013
|
Ujian Praktek Kelas IX
| ||
9
|
25-30 Maret 2013
|
Pelaksanaan Ujian Sekolah ( US ) SMP
| ||
10
|
1-8 April 2013
|
Pengolahan Hasil UN dan US
| ||
11
|
22-25 April 2013
|
Pelaksanaan UN
| ||
12
|
13-25 Mei 2013
|
Supervisi administrasi dan Kinerja Guru
| ||
13
|
29 Mei 2013
|
Pelepasan/Perpisahan Kelas IX
| ||
14
|
1 Juni 2013
|
Rapat Kelulusan dan Pengumuman Kelulusan
| ||
15
|
10-22 Juni 2013
|
Penulisan Nilai UN,US dan STTB
| ||
16
|
10-15 Juni 2013
|
Pelaksanaan UKK
| ||
17
|
17-18 Juni 2013
|
Remedial Hasil UKK
| ||
18
|
17-21 Juni 2013
|
PORSENI Kelas VII, VIII
| ||
19
|
17-19 Juni 2013
|
Pengolahan Hasil UKK
| ||
20
|
20 Juni 2013
|
Rapat Kenaikan Kelas
| ||
21
|
22 Juni 2013
|
Penyerahan Buku Laporan Pendidikan (Raport)
| ||
22
|
24-26 Juni 2013
|
Sidik Jari untuk Kelas IX
| ||
23
|
1-3 Juli 2013
|
Pembagian STTB/Izasah
| ||
24
|
24 Juni-13 Juli 2013
|
Libur Akhit Tahun Ajaran
| ||
4. Strategi
Untuk mencapai tujuan pendidikan nasional, tujuan sekolah yang tertuang dalam kurikulum, maka disusunlah strategi sebagai berikut:
1. Menjabarkan Kalender Pendidikan
1. Program Tahunan
2. Program Semester Ganjil
3. Program Semester Genap
2. Menyusun Pembagian tugas mengajar
3. Menyusun Jadwal Pelajaran
4. Menentukan para Wali Kelas
5. Menentukan para Pembina Ekstra Kurikuler / Pengembangan Diri
6. Menyusun daftar piket Guru
7. Menyusun Kelas / Daftar Siswa
BAB III
PENUTUP
Program kerja kurikulum SMP Negeri 1 Cikulur Tahun Pelajaran 2012/2013 disusun
sebagai pedoman untuk pelaksanaan proses belajar mengajar pada khususnya umumnya untuk pelaksanaan proses pendidikan .
Dengan adanya pedoman ini, mudah-mudahan tujuan pendidikan dapat dicapai secara efektif dan efisien.
Adapun yang menjadi landasan penyusunan program kurikulum ini yaitu petunjuk pelaksanaan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Lebak dan Kalender pendidikan yang disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku
Akhirnya mudah-mudahan program ini berguna dan bermafaat bagi kita semua, khususnya bagi para pengelola pendidikan di SMP Negeri 1 Cikulur.
Amin
Cikulur, Juli 2012
Kepala SMP Negeri 1 Cikulur Wakasek Kurikulum
Drs. Dayat, M.Pd Tonnie H Nugraha,S.Pd
NIP.19680502 199303 1 008 NIP. 19751025 200012 1 001
Progmanya bagus dan lengkap tugas piket guru dan memantau pelaksanaannya belum kelihatan tercantum
BalasHapus