Selasa, 23 Oktober 2012

PROGRAM KERJA KURIKULUM SMP NEGERI 1 CIKULUR TAHUN PELAJARAN 2012/2013


BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang
Sekolah merupakan lembaga pendidikan formal, tempat berlangsungnya kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu kurikulum di sekolah harus menjamin tercapainya tujuan pendidikan nasaional. Standar Pendidikan Nasional meliputi standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga  kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan. Dua dari kedelapan standar isi pendidikan tersebut yaitu Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam pengembangan kurikulum.
Undang-undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 (UU 20/2003) tentang Sistem Pendidikan  Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 (PP 19/2005)  tentang Standar Nasional Pendidikan mengamanatkan  kurikulum  pada KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) jenjang pendidikan dasar dan menengah disusun oleh satuan pendidikan dengan mengacu pada SI dan SKL.
Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Cikulur (SMPN 1 Cikulur) sebagai sekolah  negeri di Kecamatan Cikulur  Kabupaten Lebak  mencoba menyusun dan mengembangkan KTSP dalam rangka merespon perkembangan dinamika dunia  pendidikan. Hal ini sejalan dengan surat edaran dari Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lebak.
Untuk menghasilkan KTSP yang berdaya guna, maka peserta didik perlu diberi kesempatan untuk mengembangkan diri secara optimal agar dapat:
a. Belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
b. Belajar untuk memahami dan menghayati
c. Belajar untuk mamapu melaksanakan dan berbuat secara efektif
d. Belajar untuk hidup bersama dan berguna untuk orang lain dan
e. Belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif, kreatrif, dan menyenangkan.
B. Landasan Hukum
1. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 (UU 20’2003) tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 (PP 19/2005) tentang Standar Nasional Pendidikan.
3. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
4. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
5. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006. Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

C. Tujuan Sekolah
1. Menghasilkan program perencanaan pengajaran yang lengkap dengan mengacu pada kurikulum yang berlaku
2. Pencapaian Standar Isi, pendekatan CTL, Materi Learning bagi peserta didik
3. Menghasilkan siswa yang cerdas dan unggul dalam prestasi
4. Terciptanya warga sekolah yang rukun, kompak dan solidaritas yang tinggi berlandaskan nilai-nilai keagamaan






BAB II
PROGRAM KERJA KURIKULUM


A. Tujuan Penyusunan Program Kerja
Tujuan yang ingin dicapai dengan program kurikulum ini adalah:
1. Sebagai acuan bagi tenaga kependidikan di SMP Negeri 1 Cikulur dalam penyenggaraan pendidikan pada umumnya dan proses belajar mengajar pada khususnya.
2. Sebagai pedoman bagi para guru agar dapat melaksanakan tugas secara optimal,sehingga tujuan pendidikan dapat dicapai secara efektif dan efisien.
B. Target dan Sasaran Kurikulum
1. Target
Yang  menjadi target program  kurikulum yaitu:
1. Tersusunnya administrasi  pengajaran yang baik
2. Terselenggaranya proses belajar mengajar yang efektif dan efisien
3. meningkatnya kedisiplinan guru, siswa, dan personil sekolah lainnya
4. meningkatnya mutu pendidikan

2. Sasaran
Sasaran  program  kurikulum  yaitu:
1. Guru
1.1. Semua guru dapat  mempersiapkan  perangkat administrasi pengajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku, seperti:
- Program Tahunan
- Program Semester
- Silabus
- RPP
- Program Remedial
- Program Pengayaan
- Program Penilaian
- Perhitungan Nilai KKM
1.2. Semua guru dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM) dengan baik sesuai dengan kurikulum yang berlaku
1.3. Semua guru dapat melaksanakan evaluasi, analisis, dan daya serap siswa
1.4. Semua guru melakukan perbaikan/remedial terhadap siswa yang belum tuntas belajar, dan pengayaan terhadap siswa yang sudah tuntas.

2. Siswa
2.1. Tercapainya target kurikulum secara maksimal ditandai dengan berhasil naiknya siswa kelas VII ke kelas VIII, kelas VIII ke kelas IX dan lulusnya siswa kelas IX
2.2. Tercapainya mutu pendidikan yaitu ditandai dengan banyaknya siswa yang melanjutkan sekolah ke SLTA
2.3. Membekali keterampilan siswa yang tidak dapat melanjutkan ke SLTA

3. Wali Kelas
3.1. Dapat melaksanakan bimbingan terhadap kelas yang dipimpinnya
3.2. Dapat melaksanakan  managemen kelas yang baik dan melakukan pengisian buku leger kelas yang menjadi tanggung jawabnya
3.3. Dapat melakukan pengisian buku  laporan pendidikan yang baik dan benar sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan

4. Guru BK
4.1. Dapat menyusun Program BK
4.2. Dapat melaksanakan bimbingan dan konseling terhadap kelas yang menjadi tanggung jawabnya, terutama terhadap siswa yang bermasalah
4.3. Dapat mengidentifikasi minat, bakat, angket,dan pengadministrasiannya untuk kepentingan klasifikasi dalam program pengembangan diri
      
5. Tata Usaha
Semua pegawai tata usaha dapat memberikan pelayanan semaksimal mungkin kepada guru maupun siswa untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan belajar mengajar      

C. Langkah dan Strategi
1.  Langkah-langkah yang diperlukan
Untuk mencapai tujuan seperti yang tercantum di atas, maka langkah-langkah untuk
mencapainya disusun sbb:
1.  Menyusun Pembagian Tugas Mengajar
2   Menyusun Jadwal Pelajaran
3.  Menentukan Wali Kelas
4.  Menyusun daftar Pembina Ekstra Kurikuler
5.  Merumuskan KKM bersama-sama dengan guru
6.  Membuat program Suvervisi kunjungan  kelas
7.  Membuat program Pelaksanaan UTS semester ganjil
8.  Membuat program UAS semester ganjil
9.  Menyusun rencana Pemantapan untuk kelas IX
10. Menyusun perencanaan UTS semester genap
11. Menyusun perencanaan UKK
12. Menyusun perencanaan Ujian Praktek
13. Menyusun perencanaan Ujian Sekolah
14. Menyusun perencanaan Ujian Nasional

2. Struktur dan Muatan Kurikulum
1. Struktur Kurikulum
Komponen
Kelas dan Alokasi Waktu
VII
VIII
IX
A.  Mata Pelajaran
1. Pendidikan Agama Islam
2
2
2
2. Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2
3. Bahasa Indonesia
4
4
4
4. Bahasa Inggris
4
4
4
5. Matematika
4
4
4
6. Ilmu Pengetahuan Alam
4
4
4
7. Ilmu Pengetahuan Sosial
4
4
4
8. Seni Budaya
2
2
2
9. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
2
2
2
10. Teknologi Informasi dan Komunikasi
2
2
2
11. Muatan Lokal:
a. Bahasa Sunda
b. Baca Tulis Al Qur’an

2
2

2
2

2
2
B. Pengembangan Diri
2*)
2*)
2*)
Jumlah
34
34
34
2*) Ekuivalen 2 jam pembelajaran
2. Muatan Kurikulum
1. Mata Pelajaran Wajib
1. Pendidikan Agama
2. Pendidikan Kewarganegaraan
3. Bahsa Indonesia
4. Bahasa Inggris
5. Ilmu Pengetahuan Alam
6. Ilmu Pengetahuan Sosial
7. Matematika
8. Seni Budaya
9. Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan
10. Teknologi Informasi dan Komunikasi
2. Muatan Lokal:
1. Bahasa Sunda
2. Baca Tulis Al-Qur’an (BTA)
3. Pengembangan Diri
4. Pengaturan Beban Belajar
1. Beban belajar yang digunakan adalah sitem paket
2. Jumlah jam secara menyeluruh sebanyak 34 jam pelajaran dengan pembagian jam tertera dalam struktur kurikulum
3. Alokasi penugasan struktur kurikulum 50% dari waktu kegiatan tatap muka
4. Satu jam pelajaran berjumlah 40 menit

5. Ketuntasan Belajar / Nilai KKM
Komponen
K     K    M

VII
VIII
IX
A.  Mata Pelajaran
1. Pendidikan Agama

70

72

75
2. Pendidikan Kewarganegaraan
69
70
75
3. Bahasa Indonesia
64
66
68
4. Bahasa Inggris
62
63
68
5. Matematika
62
63
65
6. Ilmu Pengetahuan Alam
63
64
64
7. Ilmu Pengetahuan Sosial
63
64
65
8. Seni Budaya
68
71
75
9. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
70
70
75
10. Teknologi Informasi dan Komunikasi
63
63
63
11. Muatan Lokal: 
  a. Bahasa Sunda
  b. Baca Tulis Al Qur’an

65
65

71
72

75
75
B. Pengembangan Diri
Minimal baik







6. Kenaikan Kelas dan Kelulusan
1. Kenaikan Kelas
Peserta didik dinyatakan  naik kelas, jika memenuhi syarat sbb:
1. Menyelesaikan seluruh program pembelajaran pada dua semester di kelas yang diikuti.
2. Tidak terdapat nilai di bawah KKM untuk semua mata pelajaran pada semester yang diikuti.
3.    Memiliki nilai minimal BAIK untuk  AKHLAK dan KEPRIBADIAN pada semester yang diikuti.
4.    Persentase kehadiran siswa minimal 80 persen.
2. Kelulusan:
Sesuai dengan ketentuan PP No. 19/2005 Pasal 72 ayat 1. Peserta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan Dasar dan Menengah dan pertimbangan sekolah:
1.  menyelesaikan seluruh program pembelajaran
2.  memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia, kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian, kelompok mata pelajaran estetika, dan kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga, dan kesehatan
3.      lulus ujian sekolah/madrasah untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi
4.      lulus ujian nasional.
3. Jadwal Kegiatan Kurikulum SMP  Negeri  1 Cikulur Tahun Pelajaran 2012/2013
NO
TANGGAL/BULAN/TAHUN
JENIS KEGIATAN


SEMESTER GANJIL

1
16-19 Juli 2012
Penyusunan Program Kerja Kurikulum

2
16-19 Juli 2012
Penjabaran Kalender Pendidikan

3
19-21 Juli 2012
Penyusunan Jadwal Pelajaran

4
23 Juli-15 September 2012
Pembuatan Program Perangkat Mengajar

5
25 Juni - 14 Juli 2012
PPDB

6
16-18 Juli 2012
Masa Orientasi Siswa Baru Kelas VII

7
19 Juli 2012
Rapat Awal Th. Pelajaran /Pembagian Tugas

8
23 Juli-11 Agustus 2012
Pelaksanaan KBM

9
20-21 Juli 2012
Libur Awal Puasa

10
23 Juli-11 Agustus 2012
Kegiatan Ramadhan

11
13-25Agustus 2012
Libur Idul Fitri

12
27 Agustus-8 Desember 2012
Lanjutan KBM

13
24 September-1 Oktober 2012
Pendataan Calon Peserta UAN

14
2-22 Oktober 2012
Penyusunan dan Penyerahan US.1 dan US.2

15
8-13 Oktober 2012
Ulangan Tengah Semester

16
29 Oktober 2012
Penyusunan Panra UAS Ganjil

17
5-17 November 2012
Supervisi administrasi dan Kinerja Guru

18
10-15 Desember 2012
UAS Semester Ganjil

19
17-19 Desember 2012
Remedial Hasil UAS

20
17-21 Desember 2012
PORSENI

21
22 Desember 2012
Pembagian Buku Raport Semester Ganjil

22
24 Desember 2011-5 Januari 2013
Libur Antar Semester







NO
TANGGAL/BULAN/TAHUN
JENIS KEGIATAN


SEMESTER GENAP

1
7-12 Januari 2013
Penyusunan Jadwal Pengayaan untuk Kelas IX

2
14 Januari 2013
Penyusunan Panra TO

3
21 Januari-23 Februari 2013
Pemantapan Menjelang UN SMP

4
14 Januari 2013
Penyusunan Panra UN & UAS Semester Genap

5
17-19 Januari 2013
Pelasanaan Try Out 1

6
25-28 Februari 2013
Pelasanaan Try Out 2

7
4-9 Maret 2013
Pelaksanaan UTS Semester Genap

8
11-16 Maret 2013
Ujian Praktek Kelas IX

9
25-30 Maret 2013
Pelaksanaan Ujian Sekolah ( US ) SMP

10
1-8 April 2013
Pengolahan Hasil UN dan US

11
22-25 April 2013
Pelaksanaan UN

12
13-25 Mei 2013
Supervisi administrasi dan Kinerja Guru

13
29 Mei 2013
Pelepasan/Perpisahan Kelas IX

14
1 Juni 2013
Rapat Kelulusan dan Pengumuman Kelulusan

15
10-22 Juni 2013
Penulisan Nilai UN,US dan STTB

16
10-15 Juni 2013
Pelaksanaan UKK

17
17-18 Juni 2013
Remedial Hasil UKK

18
17-21 Juni 2013
PORSENI Kelas VII, VIII

19
17-19 Juni 2013
Pengolahan Hasil UKK

20
20 Juni 2013
Rapat Kenaikan Kelas

21
22 Juni 2013
Penyerahan Buku Laporan Pendidikan (Raport)

22
24-26 Juni 2013
Sidik Jari untuk Kelas IX

23
1-3 Juli 2013
Pembagian STTB/Izasah

24
24 Juni-13 Juli 2013
Libur Akhit Tahun Ajaran







4. Strategi
Untuk mencapai tujuan pendidikan nasional, tujuan sekolah yang tertuang dalam kurikulum, maka disusunlah strategi sebagai berikut:
1. Menjabarkan Kalender Pendidikan
1. Program Tahunan
2. Program Semester Ganjil
3. Program Semester Genap
2. Menyusun Pembagian tugas mengajar
3. Menyusun Jadwal Pelajaran
4. Menentukan para Wali Kelas
5. Menentukan para Pembina Ekstra Kurikuler / Pengembangan Diri
6. Menyusun daftar piket Guru
7. Menyusun Kelas / Daftar Siswa
BAB III
PENUTUP

Program kerja kurikulum SMP Negeri 1 Cikulur Tahun Pelajaran 2012/2013  disusun
sebagai pedoman untuk pelaksanaan proses belajar mengajar pada khususnya umumnya untuk pelaksanaan proses pendidikan .
Dengan adanya pedoman ini, mudah-mudahan tujuan pendidikan dapat dicapai secara efektif dan efisien.
Adapun yang menjadi landasan penyusunan program kurikulum ini yaitu petunjuk pelaksanaan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Lebak dan Kalender pendidikan yang disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku
Akhirnya mudah-mudahan program ini berguna dan bermafaat bagi kita semua, khususnya bagi  para pengelola pendidikan di SMP Negeri 1 Cikulur.
Amin




Cikulur,    Juli 2012
Kepala SMP Negeri 1 Cikulur                                                            Wakasek Kurikulum



Drs. Dayat, M.Pd                                                                                Tonnie H  Nugraha,S.Pd
NIP.19680502 199303 1 008                                                             NIP. 19751025 200012 1 001

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar