Selasa, 01 Maret 2011

SALAH SATU ALASAN KETERTARIKAN SESEORANG MENJADI GURU.

Sebenarnya menjadi seorang guru sangatlah berat dan sulit. Guru harus mencerdaskan anak didiknya tidak hanya kognitif tapi psikomotorik dan afektifnya dengan latar kemampuan yang sangat beragam dari semua anak didiknya. Bayangkan, sebuah keluarga yang mempunyai anak saja tidak semua anaknya sukses di didik, bahkan kadang anak2nya tidak sesuai dengan harapan orangtuanya, meski berbagai cara dilakukan. Apalagi seorang guru, yang mempunyai banyak anak didiknya yang dianggap sebagai anak sendiri,..mustahil itu dapat dilakukan.

Tapi, meski berat dan sulit, kenapa banyak orang yang ingin menjadi GURU ? Mungkin ini salah satu jawabannya.

1. Karena FAKTOR TURUNAN

Tidak bisa di pungkiri, biasanya seseorang menjadi guru karena ada kerabat atau saudaranya atau orangtua bahkan kakenya juga seorang guru. Ini wajar-wajar saja, meski ada yang dipaksa atau kemauan sendiri, tp minimal jiwa seorang gurunya sudah terbentuk dari sejak kecil karena didikan orangtuanya. Sehingga, setelah menjadi guru, ada nilai plus dari kepribadiannya yang tidak jauh menyimpang dari seorang guru yang ideal meski latar belakang keilmuannya kadang tidak sesuai.

2. karena MENCARI PEKERJAAN/ PENGHASILAN

Yang jelas lowongan kerja untuk menjadi guru tak akan pernah habis.Tiap sekolah pasti selalu mengatakan kekurangan guru.Ini yang menyebabkan ketertarikan menjadi guru, mereka sekolah apa saja dan dimana saja asal menjadi guru, Alhasil banyak S.Pd apa saja yang penting bisa bekerja menjadi guru, dan karena tujuannya mencari kerja/penghasilan, maka mereka akan mengajar atau bekerja bila ada upahnya,dan karena upah/gaji guru itu minim, jelas kerjanya pun disesuaikan, dengan alasan itu.Apabila tidak mencukupi maka akan mencari tambahan di tempat lain, Akhirnya anak didiknya diterlantarkan.

3. karena KETERPAKSAAN / "DARIPADA TIDAK JADI APA-APA"

Pada dasarnya mereka ini tidak mau menjadi guru, terlihat ketika masih sekolah, tidak termasuk kedalam ilmu keguruan,tapi karena mentok sana mentok sini, dan pekerjaan yang diharapkan sesuai dengan bidangnya tidak berhasil, maka putar haluan menjadi guru, dengan alasan "DARIPADA TIDAK JADI APA-APA".Sudah bisa dibayangkan, dari keilmuan dan kemauan, maka menjadi gurunya juga seperti apa?

4.karena NIAT/ KEINGINAN

Mungkin zaman sekarang sangat sulit mencari guru yang mengajar karena niat dan keinginannya,karena situasi dan kondisi sepeti sekarang in. Mungkin, zaman dulu, guru-guru kita ikhlas mengajar menjadi guru karena niat dan keinginan mengabdi untuk mencerdaskan bangsa, terbukti , meski gaji kecil, kehidupan sulit, mereka pantang menyerah terus berbakti. Dari awal mulai sekolah, sudah jelas, kepribadian dan dedikasinya tidak diragukan lagi. Inilah yang patut di contoh dan ditiru, sehingga mereka pantas di sebut PAHLAWAN TANPA TANDA JASA. Masih adakah?



Nah, mungkin masih banyak alasan-alasan lain ketertarikan banyak orang menjadi guru, namun hanya ini salah satunya yang sering muncul.

Termasuk alasan yang manakah ANDA?? Coba renungkan dengan hati jernih dan bersih untuk kemajuan pendidikan kita!

2 komentar:

  1. selamat datang di dunia blog, ngan ulah make go nya heheheh

    BalasHapus
  2. mun make go jadi naon kitu?

    BalasHapus